Detail Berita

Pelatihan Penelitian Empiris Bagi Mahasiswa 2017

Highslide JS 8 Oktober 2017 / adminlp2m
kegiatan puslit

PELATIHAN PENELITIAN EMPIRIS BAGI MAHASISWA DAN PENANDATANGAN MoU DENGAN INSTITUT PENULIS INDONESIA (IPI) JAKARTA

 

Pada tanggal 24 Maret 2017, LPPM UIN SU, mengadakan kegiatan Pelatihan Penelitian Empiris bagi Mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Miyana Medan.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Penulis Indonesia (IPI) Jakarta, diikuti oleh 40 mahasiswa UIN SU.   

Pelatihan Penelitian bagi mahasiswa ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keahlian serta pedoman dalam implementasi penelitian empiris dalam penelitian empiris bagi mahasiswa UIN SU. Sementara Penandatangan MoU dengan IPI dimaksudkan untuk bekerjasama dalam pengembangan dan peningkatan Daya Literasi. MoU ditandatangani langsung oleh Rektor UIN SU dan Direktur IPI Jakarta.

Narasumber, Bambang Trimansyah, S.S, sekaligus sebagai direktur IPI dalam materi “Memaknai Penelitian dan Laporan Penelitian Empiris” menyampaikan bahwa peneliti harus mampu membedakan antara fenoma dengan masalah karena penelitian menekankan pada masalah bukan fenomena, namun banyak juga peneliti yang tidak dapat membedakan antara masalah dan fenomena.

Materi “Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif “ disampaikan oleh Dr. Sukiati, MA. Materi memperkenalkan dua paradigma penelitian empiris yaitu paradigma kuantitatif dan kualitatif. Pelatihan dibarengi dengan membahas contoh-contoh proposal yang didiskusikan peserta dalam kelompok-kelompok.

 


Daftar Berita