Detail Berita

Pelatihan Pendekatan Transdisipliner Bagi Dosen 2017

Highslide JS 8 Oktober 2017 / adminlp2m
kegiatan puslit

PELATIHAN PENELITIAN DENGAN

PENDEKATAN TRANSDISIPLIN BAGI DOSEN

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN SU melaksanakan “Pelatihan Lanjutan Penelitian Pendekatan Transdisiplin Bagi Dosen”  pada tanggal 9-10 maret 2017 di Hotel Miyana Medan. Kegiatan ini diikuti oleh dosen-dosen yang ada di lingkungan UIN Sumatera Utara dan dosen PTAIS. Bertindak sebagai narasumber Drs. Parluhutan Siregar, MA dengan materi “Pemahaman Sistemik terhadap Integrasi keilmuan” dan Rosmalinda, MA (PKPA USU) memberi materi “Pendekatan yang dapat digunakan untuk penelitian transdisipliner.”

Pemahaman Sistemik terhadap Integrasi keilmuan membekali peserta tentang relasi displin ilmu yang satu dan displin ilmu yang lain, di mana semua disiplin ilmu memiliki keterkaitan relasi sehingga sebuah masalah dapat diselesaikan dengan pendekatan transdisiplin. Sedangkan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) dianggap sebagai salah satu pendekatan yang berbasis asset untuk pengembangan masyarakat dapat digunakan sebagai salah satu metode dan pendekatan dalam penelitian transdisipliner.

Dalam pembukaan kegiatan ini, Rektor UIN SU ini menyampaikan dukungan dan harapan bahwa UIN SU siap mengembangkan kurikulum berbasis transdisipliner, salah satunya dengan pelaksanaan pelatihan ini. Produksi ilmu pengetahuan adalah suatu proses sosial yang mengalami diseminasi secara global maupun lokal melalui berbagai bentuk dan tempat, maka di masa yang akan datang akan terjadi rekonfigurasi ilmu pengetahuan. Kebutuhan para dosen akan pendekatan transdisiplin dalam meningkatkan kualitas penelitian sangat diperlukan.

Ketua panitia, Dr. Sukiati, MA. menambahkan bahwa kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat membangun kemampuan dosen melakukan penelitian dengan pendekatan transdisiplin, dan membekali lebih lanjut kemampuan dosen dalam penelitian dengan berbagai pendekatan transdisiplin sehingga mampu mendesain penelitian lintas disiplin untuk menciptakan suatu pendekatan holistik.

 


Daftar Berita