Detail Berita

Halal Bi Halal dan Upah-upah Berangkat Haji Personil LPPM UIN SU 2017

Highslide JS 8 Oktober 2017 / adminlp2m
LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN SU mengadakan halal bi halal dan Upah-upah Berangkat Haji Personilnya di rumah Ketua LPPM UIN SU, Jumat 14 Juli 2017. Hadir pada acara ini Sekretaris  LPPM, Kapus Penelitian, Kapus PSGA, Kasubag LPPM dan staf LPPM.

Acara halal bi halal LPPM dimaksudkan untuk mempererat silaturrahim antar pengelola dan staf LPPM dalam suasana idul Fitri dan bermaaf-maafan. Bersamaan dengan itu, suasana idul fitri yang juga menjelang keberangkatan haji personil LPPM dilengkapi dengan upah-upah pemberangkatan haji dan pemberian bingkisan sebagai sebentuk doa dan restu atas keberangkatan  mereka ke tanah suci.

Upah-upah merupakan sebuah tradisi dari suku Batak. Upah-upah adalah sebuah hidangan yang teridir dari nasi, ayam kampong yang dipanggang dan telur. Hidangan ini terkadang teridiri dari nasi dan arsik ikan emas atau dnegan telur saja. Upah-upah dikenal di hampir semua clan suku Batak dengan filosofi yang sama namun sedikit perbedaan. Perbedaannya terletak pada menu dan acara menyusunnya. Contohnya bagi masyarakat Mandailing Upah-upah dilakukanuntuk menjemput semnagata karena baru mendapatmuasibah, atau untuk syuuran sebagai ytnada syukur, atau member semangat unuk menyampbut satu kegiatan besar.

Ketua LPPM UIN SU. Prof. Dr. Pagar Hasibuan dalam sambutannya menyatakan bahwa ia berharap acara ini dapat terus memperkuat silaturrahmi dan kebersamaan pengelola LPPM yang pada aakhirnya akan membero pengaruh pada sinergitas kerja untuk sama-sama memajukan LPPM dan UIN SU. Upah-upah sendiri menurutnya adalah suatu penghormatan yang sangat besar bagi mereka yang menerimanya. Upah-uah terkadang dianggap lebih besar penghargaannya dari pada pemberian hadiah yang terkadang nilainya lebih mahal.

Sementara itu kasubag LPPM UIN SU, Abdul Basit. M.A. menyampaikan bahwa sekalipun acara ini digelar secara sederhana namun amat besar dalam maknanya. ke depannya acara-acara seperti ini dapat tetap dilakukan untuk membangun kekuatan bersama melalui silaturrahmi. Acara ditutup dengan saling mendoakan dan bersalam-salaman.


Daftar Berita